Kesalahan Seorang Pemula Dalam Poker Online Uang Asli Bagian 2

Kesalahan Seorang Pemula Dalam Poker Online Uang Asli Bagian 2

Kesalahan Seorang Pemula Dalam Poker Online Uang Asli ini sering di lakukan oleh banyak pemain pemula tanpa mereka sadari sama sekali. Padahal jika mereka mengetahui hal ini mereka bisa memperbaiki hal hal tersebut untuk memperbesar persentase kemenangan mereka.

Maka dari itu kita akan membahas mengenai beberapa poin penting kesalahan yang seharus nya bisa anda hindari saat main poker online uang asli. Dengan menghindari kesalahan kesalahan ini anda sudah mempunyai keunggulan lebih di bandingkan para pemain pemula lain nya.

1. Memainkan Kartu Bagus Secara Pasif dan Bermain Pelan (Slow Playing)

Banyak pemula pada poker berpikir: “Lawan-lawan saya memainkan hampir semua jenis kartu. Saya melakukan betting dan raising secara agresif, tetapi nyatanya mereka tidak mau fold bahkan selalu melakukan calling sampai pada kartu river. Parahnya lagi mereka berhasil menangkap kartu yang sesuai dan berhasil mengalahkan kartu saya. Oleh sebab itu saya tidak akan melakukan betting atau bertindak pertama kali”.
Pernyataan di atas secara matematika adalah salah besar, karena jika anda saat itu memegang kombinasi kartu yang terbaik dan anda tidak melakukan betting maka anda akan membuang kesempatan yang sangat potensial untuk memenangkan ronde tersebut. Selanjutnya anda melakukan kesalahan pula dengan memberikan kesempatan bagi lawan anda untuk melakukan drawing bagi kartunya secara gratis.

Sebagai contoh anda memegang kartu AK, seorang lawan anda memegang 76 dan flop adalah K-6-3. Saat ini anda favorit dan dari statistik 80% akan memenangkan ronde ini. Jika anda  melakukan betting 1 dollar dan lawan anda melakukan call, maka dari 2 dollar di pot, 80% adalah milik anda ($1,60) dan lawan anda hanya memperoleh $0,40. Ini berarti anda akan memperoleh keuntungan $0,60 dari betting $1 anda tadi yang akan anda peroleh dari lawan anda tersebut.

Perhitungan di atas adalah nilai rata-rata saja, tetapi secara jangka panjang hal ini akan membuat anda memperoleh keuntungan. Jadi dari setiap kesalahan lawan anda dalam melakukan calling, maka dari situlah anda memperoleh keuntungan. Tindakan anda selanjutnya adalah berusaha melindungi kartu anda yang sedang memimpin saat ini (pair KK dengan kicker A – sering juga disebut dengan istilah Top Pair Top Kicker) dengan cara melakukan betting dan raising secara agresif. Hal ini akan membuat lawan anda harus membayar mahal untuk mencoba membuat kartu ditangannya menjadi berkembang (memaksimalkan perolehan anda dan meminimalkan perolehan lawan anda).

Bagaimana dengan kartu anda misalnya straight flush? Apakah perlu dilindungi juga? Ini sering disebut slowplaying, karena merupakan kombinasi kedua terbaik setelah Royal Flush maka akan sulit mencari tandingannya sehingga biasanya anda dapat memainkannya secara perlahan memancing sebanyak-banyak betting dari lawan-lawan anda saat itu. Namun untuk di limit bawah sebaiknya anda konsisten melakukan betting dan raising, karena lawan-lawan anda akan mengira anda melakukan bluffing saja.

2. Menyadari Bahwa Anda Telah Dikalahkan

Sangat sulit bagi banyak pemain poker untuk menyadari bahwa kartu mereka saat itu telah dikalahkan oleh kartu lawannya. Itulah salah satu kesalahan pemain pemula poker uang asli yang cukup fatal.

Contoh:

1. Anda memegang A2 dan flop A-5-9, drawing untuk flush dan straight tidak ada. Anda melakukan betting, 1 orang melakukan calling dan lawan berikutnya melakukan raising. Tampaknya saat ini kartu anda telah dikalahkan. Jika anda melakukan calling sampai pada kartu river, maka anda telah melakukan kesalahan besar, karena kemungkinan anda akan kalah kicker pada As anda.

2. Anda memegang AsAc (As sekop As Keriting) dan flop 7h-8h-9h (kartu hati semua). Lawan pada posisi awal (early position) melakukan betting, mendapat calling dan selanjutnya ada yang melakukan raising. Saat ini anda harus merelakan kartu AA anda, karena kemungkinan besar telah dikalahkan. Kalaupun AA anda tersebut masih memimpin, anda dalam bahaya yang besar yang mungkin mengakibatkan anda kehilangan seluruh modal di depan anda karena ada lawan anda yang berhasil membuat kombinasi flush bahkan straight flush.

Solusi dari masalah ini adalah belajar untuk menyadari saat kartu anda telah dikalahkan, hal ini dapat anda peroleh dari pengalaman anda bermain.

3. Mengabaikan Pentingnya Posisi

Permainan poker lebih dari sekedar memainkan kartu-kartu. Banyak pemula yang memandang sempit permainan ini dan hanya cenderung memainkan kartu mereka. Bagaimanapun poker terutama Hold Em merupakan juga permainan posisi. Boleh dikatakan bahwa kekuatan kartu anda ditentukan pula oleh posisi anda saat itu.

Contoh:

1. Seorang pemain melakukan calling pada posisi Under The Gun (UTG/Posisi sebelah kiri big blind) dengan A-10, dimana kartu ini kartu yang cukup bagus dan dapat melakukan raising dari posisi tengah (middle position). Namun dari posisi UTG A-10 sangatlah lemah kekuatannya, mengingat masih ada 9 orang lagi yang menunggu giliran melakukan bettingnya

2. Anda memiliki kesempatan melakukan drawing untuk flush pada flop, lawan sebelum anda betting, anda melakukan raise lawan-lawan yang lain fold. Tindakan anda melakukan raising adalah kesalahan besar dimana anda kemungkinan akan mengisolasikan diri anda sendiri terhadap lawan yang telah memiliki kartu yang jadi misalnya sepasang  atau 2 pasang. Karena sifat kartu yang anda pegang drawing dan masih belum jadi maka sebaiknya anda membuat biaya untuk memperoleh kartu yang anda inginkan semurah mungkin, lain cerita kalau kombinasi anda telah jadi.

Solusi dari masalah ini adalah pastikan anda selalu mengecek / memeriksa dulu posisi anda sebelum membuat keputusan, demikian pula dengan posisi lawan-lawan anda saat itu.

4. Tidak Memperdulikan Cara Bermain Lawan Anda

Seperti mengabaikan pentingnya posisi, tindakan yang tidak memperdulikan lawan-lawan dan asyik dengan kartu sendiri adalah tindakan yang sangat merugikan anda nantinya. Tidak ada kartu yang memiliki nilai absolut, semuanya relatif. Trip As (AAA) akan jadi pemenang selama lawan lainnya tidak memegang kartu straight atau flush. Setiap keputusan dibuat dengan memperhatikan aksi atau  tindakan yang dilakukan oleh lawan-lawan anda, untuk mengetahuinya adalah dengan mengamati cara dan kebiasaan anda melakukan betting. Seringkali poker berbicara tentang kualiatas dan bukan kuantitas, dalam artian sebuah raising dari seorang pemain yang pasif merupakan tanda bahwa ia memiliki kartu yang kuat ditangannya saat itu. Sebaliknya jika raising tersebut dilakukan oleh seorang maniak (pemain yang hiper-agresif) mungkin hanyalah sebuah tanda bahwa ia ingin melakukan betting saja dan kualitas kartunya biasa-biasa saja.

Solusinya adalah selalu waspada dan mengamati apa yang dilakukan oleh lawan-lawan anda, baik dari caranya betting, kebiasaan saat lawan anda tersebut berhasil ataupun tidak berhasil membuat kombinasi saat flop, turn dan river, serta kebiasaannya melakukan bluffing.

Baca Artikel Lainnya: Kesalahan Seorang Pemula Dalam Poker Online Uang Asli Bagian 1

5.Terlalu Sering Melakukan Bluffing

Bluffing adalah betting yang dilakukan oleh seorang pemain dengan tujuan menunjukkan seolah-olah ia saat itu memiliki kombinasi kartu yang terbaik, padahal sebaliknya ia sebenarnya tidak memiliki kombinasi apapun atau memiliki kombinasi namun bukan yang terbaik. Poker seperti yang digambarkan dalam film-film adalah penuh dengan aksi bluffing, padahal sebaliknya poker bukanlah kontes bluffing. Sebuah bluffing hanya akan digunakan pada saat-saat tertentu dimana kesempatan itu memang memberikan persentase yang besar dimana jika anda melakukan betting maka lawan-lawan anda akan menutup kartunya.

Solusi dari masalah ini adalah anda wajib menyadari bahwa di limit bawah para pemainnya kebanyakan akan selalu melakukan calling dan sangat sulit untuk di bluffing.

Kesalahan Seorang Pemula Dalam Poker Online Uang Asli Bagian 2