Cara Bermain Kartu Leng

Cara Bermain Kartu Leng

Permainan kartu Leng cukup mengasikkan karena disamping faktor keberuntungan dari kartu yang dibagikan, juga besarnya faktor strategi memainkan kartu kita dan “mempermainkan” lawan.

Berikut ini adalah cara bermain kartu leng:
1. Rekomendasi jumlah pemain Leng adalah 4 – 6 orang. Untuk jumlah selain itu dapat disesuaikan saja.
2. Kartu yg dibutuhkan sebanyak 2 kotak. Dengan total 4 buah kartu joker (masing-masing 2 dari tiap kotak).
3. Keistimewaan dari kartu Joker adalah dapat bisa dipasangkan / melengkapi kombinasi dengann kartu lainnya setiap saat, atau juga berdiri sendiri.
4. Kartu As Sekop (Ace Spade) adalah yang paling istimewa karena berlaku seperti kartu Joker dan pada permainan hitungan angka diberikan angka pengali bonus terbesar.
5. Sebelum dibagikan semua kartu dikocok secara merata dan tiap pemain dibagikan sejumlah 24 kartu untuk jumlah pemain 4 orang (sisa kartu 12 buah), 20 kartu untuk jumlah pemain 5 orang (sisa kartu 8 buah) atau 16 kartu untuk jumlah pemain 6 orang (sisa kartu 12). Sisa kartu tersebut diistirahatkan utk sesi permainan berikutnya.
6. Pada putaran pertama tiap pemain harus menurunkan grup kartu pertama dengan minimal 3 kartu dgn gambar sama yg angkanya berurutan dalam posisi terbuka di atas meja, contoh: hati (heart) 2-3-4 / keriting (klaver) 9-10-J / wajit (diamond) A-2-3 / sekop (spade) Q-K-A / dll. Pemain yg tdk memiliki variasi tsb dapat menggunakan bantuan kartu isrimewa Joker atau As Sekop, tetapi jika tetap tidak bisa maka pemain tersebut terpaksa istirahat sambil menunggu permainan sesi ini selesai.
7. Urutan pemain adalah searah jarum jam.
8. Pada putaran kedua (dan seterusnya) pemain dapat menurunkan 1 kartu saja atau lebih sesuai dengan strategi dan urutan pada grup kartu mana saja yg terbuka di meja, misalnya: jika grup kartu di meja ada (heart) 2-3-4 maka pemain dapat menurunkan ke bawah dgn heart-A atau ke atas dgn heart-5, jika grup kartu di meja ada (klaver) 9-10-J maka pemain dapat menurunkan ke bawah dgn klaver-8 atau ke atas dgn klaver-Q. Atau jika ingin membuka grup kartu baru harus minimal dgn 3 kartu dgn kombinasi angka berurutan seperti dijelaskan di atas (pada saat putaran pertama) atau minimal 3 kartu dengan angka sama (boleh gambar berbeda) seperti spade-5-heart-5-diamond-5 / klaver-Q-spade-Q-diamond-Q, dst.
Jika pemain tidak punya kartu yang bisa diturunkan pada tiap putaran maka pemain tersebut harus beristirahat sampai sesi berikutnya lagi, dan sisa kartu di tangan akan dihitung pada akhir sesi tersebut.
9. Jika grup kartu di meja pernah ada “3 kartu dengan angka sama” maka para pemain dapat menurunkan 1 kartu atau lebih dengan angka yang sama dgn grup kartu tsb, misalnya menurunkan heart-Q pada grup kartu klaver-Q-spade-Q-diamond-Q, dst.
10. Pemain yang telah habis kartunya duluan adalah pemenang (disebut Leng) dan permainan sesi ini selesai, urutan pemenang berikutnya adalah yang jumlah angka kartu tersisanya yg terkecil. Dimana sisa kartu As Sekop dihitung 40, Joker dihitung 20, As lainnya dihitung 11, kartu J-Q-K dihitung 10 dan kartu lainnya sesuai angkanya.

Beberapa strategi yang dapat diterapkan, misalnya:
– Jika kita punya 2 kartu yang sama persis yaitu 2 buah heart-8 maka sebaiknya ditahan selama mungkin supaya pemain lain tdk dapat menurunkan kartu heart-9 (dan seterusnya ke atas) atau heart-7 (dan seterusnya ke bawah).
– Demikian juga kita dapat menurunkan sekaligus 2 kartu spade 9 dan 10 secara bersamaan pada susunan yg grup kartu di meja yaitu spade 6-7-8, sehingga lawan yang memiliki kartu spade 10 kehilangan kesempatan menurunkannya.
– Sebisa mungkin menurunkan kartu di tangan yang tidak membuka peluang bagi pihak lawan, misalnya mengikuti group kartu yang sudah ada di atas meja seperti menurunkan diamond-7 pada group kartu heart-7-spade-7-klaver-7, dan seterusnya. Kecuali kita punya maksud lain untuk memancing lawan, karena kita punya kartu yang bergantung ke kartu lawan!

Baca Artikel Lainnya: Menghitung Peluang Kartu Poker Yang Akan Keluar

– Menurunkan susunan grup kartu baru yang angkanya sama seperti heart-2-spade-2-klaver-2 / diamond-J-heart-J-klaver-J sebaiknya dihindari jika masih mungkin, karena lebih mudah diikuti oleh pemain lain yang memiliki angka yang sama.

Prinsip utamanya adalah bagaimana menghambat gerakan lawan sebisa mungkin dan memancing lawan menurunkan kartunya yang menguntungkan susunan kartu kita.

Cara Bermain Kartu Leng